Search Engine

Nama               : Hanif Wira Mahadika
NPM               : 43116192
Kelas               : 1DC03
Mata Kuliah    : Perangkat Lunak Aplikasi B
Dosen              : Bpk. Kunto Bayu A, ST










Assalamualaikum Wr Wb. Salam sejahtera untuk kalian semua semoga kalian sehat selalu, dan dipanjangkan rezekinya Amin YRA. ini adalah artikel pertama saya, jadi saya ingin mengucapkan terima kasih untuk kalian semua karena membaca artikel ini.

Untuk artikel pertama ini saya akan membahas tentang Search Engine. Untuk kalian semua pasti tak asing dengan nama ini tapi apakah kalian tahu definisi, dan tujuan dari judul yang saya cantumkan. Jadi apa itu Search Engine? Search Engine itu mesin pencari, iya itu artinya tapi apakah kalian tahu definisinya? Pasti gak banyak yang tahu, Search Engine adalah sistem software yang bertujuan untuk mencari informasi yang tersimpan dalam layanan WWW (World Wide Web), FTP (File Transfer Protocol), Mailing List, atau News Group yang berada didalam sebuah server dalam suatu batasan jaringan. Data pencarian informasi akan berasal dari sumber website, blog, dan forum yang hasilnya disebut SERPs yaitu Search Engine Result Pages. Data yang dihasilkan bisa berupa tulisan, gambar, video, dan ebook (buku digital).

Macam-Macam Search Engine
Search Engine itu banyak sekali, dan bermacam. Pasti kalian tidak asing lagi dengan SE yang bernama Google tapi saya tak ingin membahas google karena sudah mainstream. Jadi saya akan membahas yang kalian tidak kalian kenal, yaitu sebagai berikut:

1.Bing
Bing itu adalah mesin pencari sama seperti Google hanya saja Bing itu didikrikan atau dibuat oleh Microsoft, mesin pencari ini muncul pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Balmer, bukan Bill Gates ya hehehe. Lanjut Steve Balmer memberitahu SEnya pada konverensi All Things Digital di San Diego Amerika Serikat, dan remsi meluncur pada 1 Juni, tujuannya untuk mengganti SE sebelumnya yaitu Live Search mungkin namanya kurang keren kali ya diganti dengan Bing. Nah sekarang apa yang membuat Bing mencolok yaitu Bing dilengkapi dengan teknologi PowerSet yang memungkinkan si pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat, dan terlebih lagi Bing difasilitaskan dengan kemampuan untuk membagi histori melalui skydrive, facebook, dan email. Lalu apalagi kelebihannya :
-Fasilitas Instan Answer yang memberikan jawaban yang sangat mendetail, dan cepat.
-Hasil Pencarian Image yang sangat spesifik, dan mendetail.
-Kotak link pada hasil pencarian maksudnya pengguna tidak perlu lagi membuka web tersebut untuk mengetahui isinya pada bing pengguna hanya mengarahkan kursor pada link tersebut. Inovasi yang keren!!!
-Tampilan Bing Maps yang lebih interaktif.
-Fasilitas Related Searches Kecerdasan SE bing ditunjukan tidak hanya dengan kata kunci tapi bisa dengan beragam pilihan alternatif yang dapat dipilih melalui sidebar related searches tujuannya untuk memperinci pencarian.

Pemandangan ini akan membuat mata kalian berkaca-kaca. Looks Awesome
Selain kehebatannya, dan kecerdasan SEnya bing juga punya kelemahan loh pertama pencariannya masih kurang memenuhi target, tidak adanya page rank, dan kurang diminati pengguna.


2.Ask.com

LEGEND!!!
Ask.com muncul pada tahun 1996 dengan nama Ask Jeeves, dan ia adalah situs pencarian yang paling terkenal pada zamannya sebelum era google datang yang  maskot websitenya Jeeves the butler, mereka sangat mencapai puncak popularitas tertinggi hingga mencapai 2 juta orang per-harinya. Awalnya berjalan sangat baik, dan mendapat keuntungan yang tinggi sampai-sampai SE terpopuler datang siapa lagi kalau bukan  Google yang membuat Ask.com terpaksa menjualnya ke IAC (Internet Interactive Corp). Pembelian oleh IAC pun tidak sesuai ekspetasi hingga berita mengejutkan datang pada tahun 2010 yang berkabar bahwa Ask.com akan berhenti, dan merelakan pegawainya pindah ke Google, dan Microsoft. Sungguh ironi.
Keunggulannya seperti  :
1.Lebih canggih, dan akan menampilkan lebih banyak informasi pada halaman pertama ketimbang Google, dan Yahoo!
2.Background dari mesin pencari Ask.com ini bisa diganti-ganti.WOW!!!
Kekurangan-kekurangan           :
1.Databasenya kecil
2.Fitur Kurang Lengkap
3.Tampilan terlihat biasa
4.Tidak adanya filtering pencarian kata
Tidak ada pencarian gambar. Sayang Sekali


3.MSN

MSN adalah situs web portal yang diluncurkan oleh Microsoft pada tahun 1995, dapat dibuka dengan sistem operasi windows 95, windows 98, windows 2000, windows xp, dan windows vista. Bagian-bagian didalamnya berupa hotmail, windows messenger, my msn, Internet Explorer 8. SE ini menawarkan pencarian melalui kata kunci atau dari direktori, hebatnya SE ini adalah SE terpopuler ketiga setelah Google, dan Yahoo. Fasilitasnya menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, dan pencarian pekerjaan rumah.
Kelebihannya  :
1.Mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format spesial lainnya.
Kekurangan     :
1.Pencarian yang membutuhkan waktu
2.Pengguna juga sulit membedakan mana yang iklan, dan mana yang dicari.
Sekarang sudah digantikan oleh Bing

4.Altavista
Altavista merupakan search engine yang lumayan terkenal. Pernah Altavista menjadi mesin pencari terbesar. Lewat SEnya kita bisa mencari berbagai informasi berupa web, gambar, video, berbelanja online, aplikasi, dan berita. Fasilitas yang lebih banyak ketimbang google ya.
SE ini dibuat oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation ‘s Western Research Laboratory (DECWRL) yang mencoba memberikan layanan untuk membuat file pencari tentang jaringan publik lebih mudah. Dua orang yang diyakini sebagai pembuat ide asli ini ya itu Louis Monier yang menulis crawler, dan Michael Burrows yang menulis pengindeks. Nama Altavista dipilih karena kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo Alto. AltaVista diluncurkan sebagai SE pada tanggal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com.
Keunggulan SE ini adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.
Kelebihan :
-Keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. -Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
Kekurangan :
Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari. Itulah mengapa Google masih mendominasi SE terpopuler.
Sekarang sudah dibeli oleh perusahaan Yahoo!

5.Lycos
Terlihat lebih kekinian

Lycos  adalah pemain lama di dunia mesin pencari Internet, yakni sejak tahunn 1994. Walaupun pada awalnya mereka menggunakan crawler (penelusuran web otomatis) sendiri, di awal tahun 1999 crawler mereka diberhentikan, dan menggunakan hasil dari mesin pencari serupa lainnya.
Dengan kemunculan Google dan banyak mesin pencari lainnya, Lycos sekarang mengubah tujuan mereka dari yang tadinya hanya sekedar mesin pencari menjadi jaringan komunitas, dan situs sosial yang juga tidak melupakan produk awal mereka, yaitu mesin pencari Internet. Hal itu menyebabkan mereka mengakuisis berbagai produk mesin pencari seperti hotbot.com.
Kelebihannya lycos yaitu           :
1.Lycos mampu mencari data dengan cepat.
2.Dalam hal pencarian cepat.
3.Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
4.Lycos juga menampilkan pencarian terbesar di halaman depannya.
5.Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video
Kekurangannya yaitu    :
1.Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
2.Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data.


Tujuan dibuatnya Mesin Pencari dari developernya
Tujuan dibuatnya SE sudah jelas untuk mencari informasi yang cepat, dan efisien, selain itu untuk mempermudah pengguna. Kalo diibaratkan SE itu sebagai penunjuk jalan sebelum kita mencari sesuatu informasi atau website. Banyangkan jika tidak ada SE pasti kita akan bingung untuk mencari suatu website atau informasi, dan pastinya jika tidak ada SE internet tidak akan sepopuler sekarang, karena awalnya karena kemunculan SE.
Cara pengoptimalisasi pencarian di Search Engine
Pasti kalian semua untuk mencari suatu informasi pasti hanya dengan cara memasukan keyword tapi apakah kalian tak merasa kalau pencarian seperti tadi kurang optimal atau kurang sesuai yang apa anda harapkan, oleh karena itu saya akan memberikan tips&trick untuk anda supaya pencarian lebih optimal
1.Site URL
Contoh pencarian “site:http//www.facebook.com”
Fungsi dari kode diatas untuk menampilkan halaman-halaman situs yang anda cari, kalian tidak akan menemukan situs lain dari halaman SE.

2. Intitle dan allintitle

Contoh pencarian “intitle : Mesin Pencari Terpopuler”, atau allintitle : Aplikasi Smartphone Android”
Fungsinya untuk menfilter pencarian berdasarkan judul artikel pada halaman website atau yang anda ingin cari,
3.Inurl atau Allinurl
Contoh penggunaan " inurl:Pengertian Processor " atau " allinurl:Resseter Canon IP 2770 "
Fungsi dari kode diatas adalah untuk mencari kata pada URL
4.Define
Contoh pencarian “define:Doc”
Fungsi dari kode diatas adalah untuk menemukan halaman - halaman situs yang berisi penjelasan mengenai kata kunci yang diketikan pada kotak mesin pencari diikuti kata define pada awal kata.

5.Filetype
Contoh pencarian “Makalah Search Engine:Pdf
Fungsi dari kode diatas adalah untuk mencari file dengan type-type terntentu. Ada beberapa file-file yang lain yaitu            :
  1. XLS yaitu untuk Excel (table)
  2. TXT yaitu untuk Text
  3. LWP yaitu untuk Lotus Wordpro
  4. PPT yaitu untuk Power point
  5. RTF yaitu untuk Rich Text Format
  6. PS yaitu untuk Adobe Postscript
  7. SWF yaitu untuk Shockwave
  8. MW yaitu untuk Mac Write
6.Menggunakan tanda kutip “...”
Contoh pencarian : “jenis komputer”
Fungsi dari contoh diatas adalah untuk menemukan judul-judul yang berdasarkan contoh diatas untuk halaman paling atas sedangkan halaman yang lain untuk isi yang berkaitan
7.menggunakan tanda + dan –
Contoh pencarian : Aplikasi+Andorid
Fungsinya adalah untuk mengikutsertakan pencarian, sebaliknya jika menggunakan tanda “-“ itu berarti pencarian akan menyingkir pencarian android.
8.info:domain
Contohnya : “info:hanifwira.blogspot.com”
Fungsi dari contoh diatas untuk mengetahui informasi tentang situs yang akan kalian cari.
Itulah beberapa macam cara mengoptimalkan pencarian, jika kalian kesulitan dalam mencari, maka cara ini akan ampuh untuk membantu Anda.

Kesimpulannya SE ini punya kelebihan, dan kekurangan masing-masing, dan cara penggunaan yang tidak kalian tidak tahu selama ini yang dapat membantu Anda. Tapi tetap menurut saya Google adalah mesin pencari yang belum terkalahkan walaupun saya sudah memakai mesin pencari ini beberapa tahun saya tidak pernah merasa mainstream. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Saya ucapkan terima kasih Wasalamualaikum Wr Wb
Sedikit renungan untuk kalian
Sumber admin :









Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Proyek, dan Manajemen Resiko

Pemanfaatan, Studi Kasus Manajemen Proyek & Resiko