Generasi-Generasi Processor


Nama               : Hanif Wira Mahadika

NPM               : 43116192

Kelas               : 1DC03

Mata Kuliah    : Perangkat Lunak Aplikasi B

Dosen              : Bpk. Kunto Bayu A, ST





Assalamualaiku Wr Wb terima kasih kalian masih setia dengan artikel saya, ini adalah artikel kedua  saya. Kali ini saya akan memberitahu kalian tentang generasi processor pasti kalian sudah tidak asing dengan kata-kata i3, i5, atau core duo, tapi apakah kalian tahu urutan –urutan processor tersebut, saya akan jelaskan dalam artikel ini.

Apa itu Processor
Sebelum kalian melangkah lebih jauh lebih baik kita tahu apa arti processor, kalo dalam kiasan tak kenal maka tak sayang. Processor adalah otak dari sebuah komputer/laptop yang dilengkapi dengan komponen lainnya. Processor digunakan untuk melakukan perhitungan atau menjalankan tugas. Processor sekarang ukurannya sudah sampe gigahertz(Ghz) makanya processornya sekarang sudah sangat cepat.

1.1971:4004 Microprocessor

Bapak Para Processor

Ini adalah pertama kali processor muncul, dan dibuat oleh perusahaan intel, processor ini digunakan untuk mesin kalkulator Busicom. Penemuan inilah adalah awal untuk membuat kecerdasan buatan.

2.1972 : 8008 Microprocessor


Processor ini berkekuatan 2 kali lipat dari sebelumnya, dan masih dibuat oleh intel

3.1974 : 8080 Microprocessor
Processor yang menjadi otak dalam sebuah komputer Altai. Processor ini penjualannya cukup drastis yaitu sepuluh ribu dalam 1 bulan.


4.1978 : 8086-8088
Penjualan penting dalam bidang komputer produk buatan IBM. Komputer ini berhasil membuat nama intel semakin tinggi.



5.1982 : 286 Microprocessor

Processor pertama yang berbentuk kotak

Intel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya.

6.1985 : Intel386™ Microprocessor


Processor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprocessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 microprocessor maka ia akan 100 kali lebih cepat.

7.1989 : Intel486™ DX CPU Microprocessor


Processor ini adalah processsor pertama yang menggunakan lebih dari 1 juta transistor. Sebelumnya sudah dikenal generasi XT i186, dilanjutkan dengan generasi AT i286, i386 hingga i486. i486 dengan chip 32 bit. Bisa bekerja dengan clock 100MHz. Processor ini dipasarkan sampai tahun 90-an.

8. 1993 : Intel® Pentium® Processor


Generasi berikutnya adalah i586 tapi karena lebih disebut dengan intel pentium yang dilengkapi dengan 3 juta transistor, Chip ini menyimpan bug. Pentium berjalan dengan kesalahan proses yang paling parah sepanjang sejarah. Processor ini adalah generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.

9. 1995 : Intel® Pentium® Pro Processor


Processor ke emas-emasan, Like Premium! Quality!!

Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server, dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini ditanamkan 5,5 jt transistor.

10. 1997 : Intel® Pentium® II Processor



lahirlah Pentium II dengan clock hingga 450 MHz, dan menampung sekitar 7,5 juta transistor diintegrasikan dengan chace level 2. Processor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet lebih baik.

11. 1998 : Intel® Pentium II Xeon® Processor

Makin besar aja ya processornya


Processor ekonomis Xeon dengan basis Pentium II tetapi tanpa ketersediaan chace level 2. Processor ini dikenal dengan Pentium II Celeron.Processor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server. Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu.

12. 1999 : Intel® Celeron® Processor

kembali ke bentuk yang disukai penggemar intel

Processor Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang bertujuan agar pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu.

13. 1999 : Intel® Pentium® III Processor

Wah kalo ini Processor pertama saya, saya inget sekali dulu suka dipakai kakak main The Sims

Processor Pentium III adalah processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dinamis memperkaya kemampuan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara.

14. 1999 : Intel® Pentium® III Xeon® Processor

Bentuknya Seperti Tempat Minum Untuk Dipadang Pasir.Heh!!!

Intel kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah. Keunggulan processor ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang juga mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini juga dirancang untuk disamakan dengan processor lain yang sejenis.

15. 2000 : Intel® Pentium® 4 Processor

Nah ini juga pernah menadi Processor saya, Ini processor sangat Legend!!!

Dengan clock 4 kali lebih besar dari Pentium III, Pentium 4 lahir dengan clock hingga 3.8 GHz. Processor ini mampu melaksanakan perintah jauh lebih banyak pada proses yang sama. Varian lain dari Pentium 4 ini adalah Pentium 4 Hyperthreading (nama teknologi baru intel).
Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz..

16. 2001 : Intel® Xeon® Processor

Yang tadinya xeon bersama pentium sekarang ada nama tersendirinya juga. Looks Great!!!

Processor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server. Processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula.

17. 2001 : Intel® Itanium® Processor

Terlihat keren tapi kok tak pernah terdengar ya

Processor Itanium adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server, dan workstation serta pemakai tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ).

18. 2002 : Intel® Itanium® 2 Processor


Karena Intel Itanium yang pertama merupakan produk gagal, maka dikembangkan prosesor Itanium 2 yang merupakan pengembangan dan perbaikan dari prosesor Itanium yang terdahulu. Itanium 2 tetah memperbaiki semua kekurangan dari Itanium versi terdahulu dan memang ditujukan untuk server perusahaan ketimbang untuk alat komputasi kelas high-end. Itanium 2 yang pertama dikenalkan tahun 2002 dengan code-name McKinley yang merupakan hasil pengembangan dari Intel dan HP. Intel Itanium 2 McKinley berisi 221 juta transistor dimana 25 juta diantaranya dipergunakan untuk unit logic. Intel tidak sendirian dalam pasar server kelas enterprise, AMD pada tahun 2003 memperkenatkan Opteron yang mengimplementasikan arsitektur 64-bit. Opteron dapat dengan cepat diterima pasar karena menyediakan opsi upgrade yang mudah dari arsitektur x86. Intel membalasnya dengan mengeluarkan x86-64 prosesor Xeon-nya pada tahun 2004.

19. 2003 : Intel® Pentium® M Processor

Looks Pentium III

Processor yang ditujukan untuk notebook ini dikenal dengan Pentium M. Merupakan processor yang dirampingkan hingga 77 juta transistor. Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana. Inti dari Pentium M merupakan desain dari para pengembang mikroarsitektur prosesor Pentium III yang efisien dan Pentium 4 yang gegas. Tentu saja, Pentium M juga menawarkan sesuatu yang lebih daripada kedua pendahulunya itu, seperti Penggabungan micro-operation (oleh Intel disebut dengan Micro-operation fusion). Hal ini akan mengakibatkan throughput yang lebih tinggi dengan menggunakan daya yang rendah.

20. 2004 : Intel Pentium M 735/745/755 processors

Terlihat sama


Dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.

21. 2004 : Intel E7520/E7320 Chipsets


Intel E7320/E7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces.

22. 2005 : Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz

WOW Extreme Edition

Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.
23. 2005 : Intel Pentium D 820/830/840


Processor berbasis 64 bit, dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading.
24. 2006 : Intel Core 2 Quad Q6600

Nah ini nih Processor saya sekarang yang ada dikomputer saya punya hehehe

Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP ).
25. 2006 : Intel Quad-core Xeon X3210/X3220
Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP).
26. Pada tahun 2009
4 buah core dengan 731 juta transistor menjadikan Intel Core i7 ini menjadi processor paling cepat saat ini.

Intel Core i3

Nah ini juga adalah Processor yang dipakai saya tapi dilaptop bukan komputer

Intel Core i3 merupakan varian paling value dibandingkan dua saudaranya yang lain. Processor ini akan mengintegrasikan GPU (Graphics Processing Unit) alias Graphics On-board didalam processornya. Kemampuan grafisnya diklaim sama dengan Intel GMA pada chipset G45. Selain itu Core i3 nantinya menggunakan manufaktur hybrid, inti processor dengan 32nm, sedangkan memory controller/graphics menggunakan 45nm. Code produk Core i3 adalah “Arrandale”.
Intel Core i5

Looks Awesome!!!

Jika Bloomfield (saya tidak tahu artinya tapi mungkin itu mengartikan jangkauan yang sangat luas) adalah codename untuk Core i7 maka Lynnfield (ini adalah sebutan dari mediumnya intel) adalah codename untuk Core i5. Core i5 adalah seri value dari Core i7 yang akan berjalan di socket baru Intel yaitu socket LGA-1156. Core i5 akan dipasarkan dengan harga sekitar US$186 ”dalam rupiah itu sekitar 2,4 juta, mungkin sekarang udah turun ya”.
Kelebihan Core i5 ini adalah ditanamkannya fungsi chipset Northbridge pada inti processor (dikenal dengan nama MCH pada Motherboard). Maka motherboard Core i5 yang akan menggunakan chipset Intel P55 ini akan terlihat lowong tanpa kehadiran chipset northbridge. Jika Core i7 menggunakan Triple Channel DDR 3, maka di Core i5 hanya menggunakan Dual Channel DDR 3. Penggunaan dayanya juga diturunkan menjadi 95 Watt. Chipset P55 ini mendukung Triple Graphic Cards (3x) dengan 1×16 PCI-E slot dan 2×8 PCI-E slot. Pada Core i5 cache tetap sama, yaitu 8 MB L3 cache.
Intel juga meluncurkan Clarksfield, yaitu Core i5 versi mobile yang ditujukan untuk notebook. Socket yang akan digunakan adalah mPGA-989 dan membutuhkan daya yang terbilang cukup kecil yaitu sebesar 45-55 Watt.

Intel Core i7

Bisa Dibilang Ini Adalah Anak Kesayangan Bapar Processor Karena Yang Paling Cepat

Core i7 sendiri merupakan processor pertama dengan teknologi “Nehalem”. Nehalem menggunakan platform baru yang betul-betul berbeda dengan generasi sebelumnya. Salah satunya adalah mengintegrasikan chipset MCH langsung di processor, bukan motherboard. Nehalem juga mengganti fungsi FSB menjadi QPI (Quick Path Interconnect) yang lebih revolusioner. Kecepatan clock 1,3 GHz bisa diatas 4,40 GHz, cache 4MB, jumlah core 2 sampai 8 core pertama. Dan processor ini adalah processor tercepat saat ini. Amazing!!!

Oke baru itu saja generasi processor masa kini, intel saat ini sedang berfokus pada pangsa mobile dengan produk jagoannya intel quack mark, nah terus kalian pasti akan bertanya-tanya kemana processor amd atau apple, oke adminnya gak ketinggalan berita kok. Kalo begitu saya akan membahas processor amd yang paling canggih saat ini aja karena didahulunya tidak banyak perbedaan dengan intel. Dan ada informasi yang saya dapat kalau apple sudah tidak memproduksi processor bisa dilihat imac mereka yang menggunakan processor intel

Special Info : Processor Amd FX Serries

Sodara Kembar Intel

AMD menambah lagi jajaran processor FX Series arsitektur Bulldozer dengan meluncurkan dua chip sekaligus. Processor AMD terbaru pertama adalah FX-6200, clock 3.8 - 4.1 GHz, 6 core, yang kedua FX-4170, clock 4.2 - 4.3 GHz, 4core. Baik AMD FX-6200 dan FX-4170, keduanya dibekali cache 8 MB dan mendukung memory DDR3 1866 MHz.
Dilihat dari spesifikasi  ternyata processor baru ini mempunyai peningkatan jika dibandingkan chip sebelumnya. Tengok saja AMD FX-6200 mempunyai basis clock lebih tinggi sekitar 500 MHz dari pada FX-6100. Sedangkan AMD FX-4170 basis clock-nya 600 MHz lebih tinggi dibanding FX-4100. Satu hal lagi yang  menjadi nilai tambah dari AMD FX-6200 dan FX-4170 adalah multiplier yang dibuka (unlock) sehingga dapat dilakukan overclocking.
Disamping itu ada kabar baik tentang penurunan harga processor 8 core AMD FX-8120, dari $ 250 menjadi $ 185. Kemudian processor 6 core AMD FX-6100, turun dari $ 155 menjadi $ 145. Namun harga AMD FX-8150 yang menjadi andalan AMD tetap dihargai $ 245. Harga tersebut di atas berlaku untuk retail, sedangkan bagi eceran tentu saja lebih mahal sedikit. Nah ini sudah jelasnya adalah processor yang bekerja untuk gaming karena mempermudah overclocking yang dibutuhkan seorang gamer, dan yang jadi menariknya disini AMD FX Serries dijual dengan harga yang murah berbeda dengan intel.

Jadi itulah generasi-generasi processor. Semoga saja artikel ini sangat bermanfaat untuk kalian semua mohon maaf jika ada kesalahan penulisan kata, karena manusia tak luput dari kesalahan. Sekian, dan terima kasih.


Artikel pertama motivasi dari Ali Bin Abi Talib. Sekarang dari Einstein.Enjoyed


















Komentar

  1. Makasih gan info processornya. tapi kok sama semua yah sama web lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. makasih gan. lengkap sekali macam macam processor nya .

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Proyek, dan Manajemen Resiko

Pemanfaatan, Studi Kasus Manajemen Proyek & Resiko